Facebook Twitter Google RSS

Rabu, 25 Juni 2014

Buntut Pemecatan, Tiga Mantan Komisioner KPU Manado Akan Gugat DKPP

dhani     02.02  No comments


KOMS : Tiga mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado menyampaikan keberatan mereka terhadap Surat Keputusan KPU Provinsi Sulut Nomor 55/KPTS/KPU-PROV-023/2014 Tertanggal 11 Juni tentang pemberhentian tetap mereka.
 
Tiga Komisioner KPU Manado itu antara lain Jeane Maengkom, Derbi Taroreh, dan Marthen Tombeng. Saat melakukan konferensi pers, mereka bertiga didampingi kuasa hukumnya, Alfian Ratu dan Steiven Bernadino Zeekon.

 
Jeane Mangkom mengatakan, atas dasar surat itu mereka akan mengambil langkah hukum dan akan menggugat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyangkut tuduhan pelanggaran-pelanggaran yang mereka lakukan. Ia mengatakan, pada laporan tersebut menyebutkan mereka bertiga telah melakukan perubahan secara sepihak terhadap data pemilih dan pengguna hak pilih pada formulir DA diluar forum rapat.

"DKPP tidak melakukan verifikasi laporan pengaduan secara administrasi dan secara materil, tetapi langsung meregistrasi perkara, menetapkan jadwal sidang dan melaksanakan persidangan," ujarnya.

Derbi Taroreh melanjutkan, pada saat menerima laporan pengaduan, DKPP tidak melaksanakan ketentuan Pasal 112 UU Nomor 15 2011 yang menegaskan adanya verifikasi terhadap berkas laporan.

Ia juga mengatakan DKPP tidak memisahkan laporan pengaduan yang ditujukan kepada KPU Sulut dan KPU Manado tetapi langsung diterima dan diregistrasikan dalam satu perkara yang sama dan disidang oleh DKPP.

Marthen Tombeng menambahkan, dalam putusannya sangat jelas DKPP menyebutkan bahwa mereka bertiga telah melakukan tindakan perubahan terhadap data, padahal tindakan tersebut merupakan tindakan pidana dan bukan merupakan kewenangan DKPP untuk memutuskannya.
Sumber Trinbunnews

,

dhani


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda, Silahkan berikan Komentar Apablia anda suka atau tidak sukanya dengan pemberitaan atau artikel yang di publikasiki KOMS.
View all posts by Naveed →

0 komentar :

Komputer

Komputer

Text Widget

Recent news

About Us